Jumat, 23 Mei 2008

Ren

Gak punya ide ne mau nulis apaan…………

Naa... dapat ide juga... tapi ya maaf kalo garing...hehe....

Waktu tu saya duduk di kelas XI... da praktik biologi, bab sistem ekskresi tampaknya. Tau gak prakteknya ngapain? Tes urin, brow.

Tesnya tu bertujuan apakah dalam urin perwakilan dari kita itu mengandung glukosa, protein, dlsb...

Sang guru minta tes urinnya punya-e cowok and cewek – biar tau bedanya – bgitu beliau bilang. Dan tak dinyana, saya yang saat itu ada di kursi terdepan dimintain urin!!??

Bukannya kenapa-kenapa sih, tapi saat itu saya harus tes urin di laborat, gitu dokter bilang ma saya. Jadi masalahnya, andaikata urin saya yang dipake, trus ketauan kalo di urin saya da kandungan zat2 itu gmana? Gaswat.

Tapi alhamdulillah.. temen2 saya ngerti akan hal itu.. saya digantiin deh... hehe...

Tapi ya saya tetap mau gak mau harus cek urin. Dan pagi itu, saya harus menempatkan urin saya dalam wadah, unt dibawa ke laborat. Iiiiyeccckkk...saya ngeri ndiri..... seolah urin saya berharga (??!)











Gak perlu waktu lama unt menunggu hasilnya keluar. Dan, hiks, urin saya positif ada kandungan keton, protein, ma bilirubin (seharusnya zat itu ga ada dalam kandungan urin normal). Saya shocked. Bnget. Dan lagi saat itu pelajaran biologi di skul saya memang lagi membahas materi itu. Jadi saya tau bnget kalo ada protein berarti proses penyaringan darah ga normal, penyakitnya itu albuminuria. Trus adanya keton berarti sakit ketosis. Huaaaaaaaaa...... sama aja namanya ginjal saya ga normal!!!!


Sang dokter langsung minta saya cek darah, karna konon katanya itu bisa tahu lebih komplit. Lagi-lagi ga perlu waktu lama, hasil langsung keluar. Dari tes darah itu dinyatakan fungsi hati ma ginjal saya masih normal!

Senyum saya terkembang......

Sarannya buat saya, bnyak2 minum air putih..... sayangnya, kandungan zat kapur dalam air Cepu itu tinggi,,, untungnya saya orang Cepu asli, jadi punya kekebalan... katanya siy..

Gitulah. Tak jarang saya nge-cek urin saya ndiri, kalo warnanya ga jernih2 bnget berarti still fine,, trus baunya... katanya kalo urin ga berbau malah ga sehat...

Yaaa...kesehatan emang mahal harganya...